RAW supports Konteks.org

RAW supports Konteks.org which is one publication unit of University of Pelita Harapan [UPH] lead by David Hutama.

catatan tentang konteks.org

ada suatu hari, kami mendiskusikan kemungkinan membuat publikasi arsitektur yang, selain bisa berguna dan tidak mengulang apa yang memang sudah ada, cocok juga dengan minat kami. Beberapa ide seru bermunculan: sketsa, dialog, cerita, proses, dan berbagai hal yang justru diam-diam bersembunyi di balik kehadiran suatu karya. Rupanya, ketertarikan kami pada arsitektur justru terletak bukan pada karya tok, melainkan pada interaksi karya tersebut dengan segala hal yang melingkunginya.

Melalui inisiasi dan dukungan dari Universitas Pelita Harapan, maka inilahKonteks, publikasi online seputar arsitektur yang tidak ingin berputar-putar membahas karya arsitektur saja. Harafiahnya, “konteks” berarti keadaan yang melingkungi suatu keberadaan. Kata ini mengingatkan kami juga akan peribahasa lawas “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Dengan semangat yang sama, Konteks bermaksud merenangi dan menyelami samudra pembahasan arsitektur, dari karya, tokoh, sampai wacana, sambil tetap meletakkan apa yang dibahas pada tempatnya.

Sketsa, Tampak, Perspektif dan Kolase menjadi judul rubrik untuk menggambarkan apa yang kami lihat dan bagaimana cara kami melihatnya.Sketsa—sebagai alegori dari catatan ringkas, ringan, personal dan mungkin saja tidak tuntas—menampilkan kilasan arsitektural yang kaya jejak. Tampak—sebagai alegori dari apa yang terlihat dari satu sisi—menampilkan ulasan karya atau acara. Perspektif—sebagai alegori atas apa yang terlihat dari sudut pandang tertentu—menampilkan berbagai ulasan mendalam yang sarat pendapat. Kolase—sebagai alegori dari perpaduan potongan-potongan gambar yang semula tak berhubungan—menampilkan bahasan lintas disiplin demi menemukan pemahaman segar.

Bibliography : http://konteks.org/tentang-kami