N Hotel at Jakarta

Categories: Indonesia Private

Terletak di Jalan Kebon kacang, Jakarta Pusat, desain bangunan yang bersifat compact ini berada di atas lahan seluas 1720 m2, dengan lebar lahan 30 m dan panjang lahan 57 m. Lebar lahan yang cenderung sempit menjadi permasalahan utama dalam mengolah fungsi ruang dan masa bangunan yang merupakan gabungan antara Hospitality dan Commercial Project.

Fungsi hotel, restoran, dan ruang rapat akan digabungkan ke dalam satu masa bangunan yang memiliki bentuk memanjang sesuai dengan bentuk lahan. Pemilihan bentuk masa bangunan memanjang, sejajar dengan panjang lahan dikarenakan oleh permasalahan lebar lahan yang cenderung sempit. Masa bangunan memanjang merupakan bentuk paling efisien sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Penggabungan fungsi-fungsi tersebut ditujukan sebagai respon terhadap lokasi lahan yang terletak di area komersial Grand Indonesia yang strategis dan terletak di pusat kota, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bangunan yang terdiri dari 6 lantai ini difasilitasi dengan sebuah restoran yang memiliki area indoor dan outdoor, kafe kecil di sisi depan bangunan yang memungkinkan pengunjung untuk melihat dan menikmati view ke arah Jalan M.H. Thamrin. Terdapat juga retail dan area lobby yang dapat diakses langsung melalui pintu masuk utama bangunan. Bagian belakang bangunan merupakan area terbuka berupa taman.

Tersedia juga fasilitas publik berupa 6 ruang meeting berkapasitas 12 sampai dengan 20 orang yang terletak pada lantai 1. Lantai 2 sampai dengan lantai 5 merupakan area unit hotel. Setiap lantai memiliki 23 standars room yang terdiri dari 12 kamar dengan luas 27m2, 11 kamar dengan luas 23.65 m2, dan 1 deluxe room dengan luasan 40m2. Secara keseluruhan, bangunan ini memiliki 115 unit kamar.

Bangunan hotel ini juga difasilitasi dengan lantai basement sebagai area parkir utama gedung. Dengan perbandingan 1:3 untuk ratio parkir mobil dan jumlah unit kamar, maka disediakan 35 slot parkir. 21 slot parkir tersedia di area basement dan 14 slot parkir tersedia di lantai dasar, di depan bangunan hotel.

Desain bangunan hotel merespon view ke Jalan M.H. Thamrin dengan menambahkan elemen tampak berupa sun shading. Elemen tampak ini juga sekaligus berfungsi sebagai tempat untuk mengakomodasi efisiensi kebutuhan mekanikal elektrikal bangunan. Peni-adaan fungsi AC pada koridor hotel juga ditujukan untuk memaksimalkan efisiensi penggunaan energi pada bangunan. Sistem double-loaded corridor diaplikasikan pada koridor hotel, dengan bukaan di kedua ujungnya. Bukaan ini difungsikan sebagai cross air ventila-tion, sehingga memungkinkan angin untuk mengalir di sepanjang koridor.

Published in Archinesia #6

Project Team
Owner : N Group
Principal Architect : Realrich Sjarief
On going Design Project Team :
Miftahuddin Nurdayat
Jovita Lisyani