RAW Won 1st Prize Lombok Epicentrum Square. Here is the note of the committee : Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Lombok bekerja sama dengan Varindo Lombok Inti mengelar Sayembara Master plan dan desain pra rencana “Lombok Epicentrum Square. Perencanaan Master Plan dan Pra-Rencana Lombok Epicentrum Square diharapkan menjadi solusi terbaik, oleh karenanya akan dilaksanakan melalui Sayembara Desain. Hasil penyelenggaraan sayembara desain ini perlu mencapai parameter yang lebih dari sekedar memenuhi standar minimal saja, tetapi harus dapat memberikan banyak alternatif desain yang inovatif.

Sayembara Master Plan Lombok Epicentrum Square Sayembara Master Plan dan Desain Pra Rencana Lombok Epicentrum Square 2012

Desain harus mampu membentuk lingkungan hidup yang lebih baik di dalam tapak maupun dengan sekitarnya dalam skala waktu jangka panjang, tembus generasi, bertahan lama, dan historikal. Visi arsitektur yang jauh ke masa depan perlu mempertimbangkan perkembangan bangunan pada tapaknya sendiri dan pada lingkungan kota. Desain arsitektur terbangunnya harus mampu menjadi katalis membangun komunitas urban yang sehat dan mampu menghadapi transformasi budaya.

Arsitektur sangat mempertimbangkan faktor estetika, kenyamanan dan kemudahan, di samping juga wajib mengikuti standar teknis bangunan yang menyangkut keamanan sosial, kehandalan bangunan, dan keselamatan manusia. Oleh karena itu kepatuhan desain terhadap semua peraturan perlu dijaga dengan tetap mendorong inovasi dalam meningkatkan kualitas estetika, kenyamanan dan kemudahan.

Program sayembara ini ditujukan untuk menghasilkan Masterplan dan Pra-Desain yang informatif, sehingga bisa ditindak lanjuti dengan DED (Detail Engineering Desain) oleh siapapun. Untuk itu desain yang dihasilkan perlu mengadaptasi kepentingan rekayasa membangun dengan metode yang dipersyaratkan oleh Panitia Sayembara untuk menjamin keterbangunannya terhadap konstruksi bangunan dikemudian hari.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Sayembara Master plan dan desain pra rencana “Lombok Epicentrum Square ini, silahkan kunjungi website resmi panitia sayembara http://iai-ntb.org/

Bibliography :

http://arsitekturmagz.com/sayembara-master-plan-desain-pra-rencana-lombok-epicentrum-square-2012/

Screen Shot 2014-07-28 at 11.27.09 AM